Jumat, 30 September 2011

Sebuah langkah demi masa depan yang lebih baik dan bermanfaat...




Bismillah, semoga tidak terlalu dini untuk menyebut ini sebagai sebuah langkah demi masa depan yang lebih baik dan bermanfaat... Saya mencoba memulai dari sekarang apa-apa yang saya butuhkan untuk mimpi besar dan harapan itu, ya sebuah mimpi untuk menginjakkan kaki di negeri paman sam, negeri modernitas dan negeri yang sangat majemuk, Amerika Serikat. Belajar dan menimba ilmu di sana untuk nantinya saya salurkan dan kembangkan di negara saya tercinta, INDONESIA... :)

Mimpi ini berawal ketika tanpa sengaja saya menemukan informasi di Google dimana hampir semua pertanyaan kita akan terjawab, waktu itu saya mengetikkan kata "Beasiswa ke Kanada" di kolom pencariannya dan saya langsung disajikan beberapa informasi di halaman pertama, ada sekitar sepuluh informasi dan dari sepuluh informasi tersebut ada satu informasi yang langsung menggugah rasa ingin tahu saya tentang apa sih beasiswa ini...??? Dan beasiswa tersebut adalah CCIP. Ya, CCIP atau Community College Initiative Program. Beasiswa ini menawarkan kesempatan belajar selama satu tahun di Amerika Serikat, tidak hanya itu ternyata beasiswa ini juga bisa diikuti oleh lulusan SMA, D1, D2, D3 dan S1. Secara waktu itu saya masih menjadi mahasiswa aktif saya begitu tertarik karena saya bisa mengikuti beasiswa ini dengan menggunakan ijasah SMA saya. Pencarian informasi tentang CCIP berlanjut dari hari ke hari, mulai dari mencari di website resmi AMINEF sampai menjelajah blog-blog yang memberikan informasi tentang CCIP yang lebih mendalam. Kemudian saya menemukan sebuah blog yang berisi perjalanan sang pemilik blog untuk mendapatkan beasiswa CCIP ini, Bang Haeril nama pemilik blog itu. Semua detail perjalanannya terangkum rapi dalam sebuah tulisan berjudul "Pengalaman Periodik CCIP", dari blog bang Haeril inilah saya semakin berniat untuk mengirimkan applikasi pendaftaran CCIP ke Jakarta. Rasa ingin tahu saya bertambah parah :p dan akhirnya saya menemukan Bang Haeril di FB, sebuah jejaring sosial yang paling populer saat ini walaupun katanya twitter lebih populer tapi saya tetap berpendapat bahwa FB lebih populer dari twitter... :p. Saya add as friend account FB nya Bang Haeril dan tak butuh waktu lama ternyata permintaan pertemanan saya di konfirmasi, saya ngga nyangka juga bisa cepet banget di konfirmasi karena saya yakin Bang Haeril orangnya luar biasa sibuk *thanks yah Bang... :). Saya kemudian memberanikan diri untuk bertanya kepada Bang Haeril yang notabene berkompeten menjawab pertanyaan saya tentang CCIP karena dia merupakan salah satu yang terpilih untuk CCIP 2011, eh ngga nyangka juga ternyata si abang mau menjawab semua pertanyaan saya dan mau berbagi tentang persiapan sebelum mendaftar sampai sekarang dia berada di USA. Kini di dalam pikiran saya sudah terkonsep apa itu CCIP dan langkah-langkah yang harus saya lakukan untuk mendapatkan beasiswa ini... *Sekali lagi terima kasih banyak Bang Haeril... :)

Oke, sekarang saya harus mempersiapkan segala persyaratan yang harus dilampirkan beserta formulir aplikasi beasiswa CCIP ini. Ada beberapa persyaratan misalnya; Skor TOEFL ITP yang masih berlaku, ijasah yang harus diterjemahkan dan photocopy ID atau KTP, untuk KTP tentunya tidak akan menjadi masalah karena saya yakin sebagian besar dari kita sudah memilikinya kalaupun belum proses pembuatannya cukup mudah ko... :). Untuk TOEFL ITP, saya awalnya belum mengetahui dimana di Purwokerto (Saya berkuliah di UNSOED, Purwokerto) ada yang bisa buat tes ITP. Saya bertanya kesana kemari, informasi yang saya dapatkan ternyata ada satu tempat bimbingan belajar bahasa inggris yang bisa buat tes ITP tetapi biayanya sekitar 500 ribu... *Mikir dulu, sanggup ngga yah bayar segitu banyaknya... :p. Akhirnya saya membatalkan niat saya untuk tes ITP dikarenakan keterbatasan finansial, but that's OK karena saya akan terus mencari informasi dimana tempat tes ITP yang terjangkau. Kemudian teman saya, Endah (Cewe'nya Kojack) menyarankan buat ikut tes ITP di Jogja di UGM, di sana katanya rutin setiap bulan pasti ada tes ITP dan biayanya juga cukup terjangkau, 325 ribu... *Mikir lagi, buat bolak-balik Purwokerto-Jogja aja udah 50an ribu belum buat makan dll, ujung-ujungnya pasti bisa nyampe 500 ribu lagi... Tes ITP di Jogja pun batal demi kemaslahatan saya... :p. Hari berganti hari, saya belum menemukan tempat yang tepat buat tes ITP. Kemudian pada suatu hari ketika saya ke kampus, ada sebuah selebaran pengumuman bahwa di ELTI Gramedia Purwokerto bakalan ngadain tes TOEFL ITP, waaaah saya langsung bersemangat membaca informasinya dan yang lebih membuat saya tersenyum lebar adalah biayanya yang cukup terjangkau yaitu 300 ribu... *Semoga ini adalah jawaban dari Alloh... :). Keesokan harinya saya langsung mendaftar ke ELTI, kata mba'nya ujiannya bakalan diadain pada hari Rabu, 21 September 2011, saya pun mengiyakan karena itu sudah tertera di selebaran pengumumannya hanya saja waktunya yang dimajuin menjadi jam 4 sore yang awalnya direncanakan pada jam 5 sore (Kata mba'nya lagi, ini biar peserta test dapat waktu lebih buat nulis macem-macemnya di lembar jawab). Oke, test TOEFL ITP insyaalloh siap. *Doakan saya teman-teman... :)



Nah, sekarang tinggal ngurus penerjemahan ijasah. Pada waktu penandatanganan ijasah sebenarnya saya sudah bilang ke Ibu nya yang bertugas mengurus ijasah bahwa saya mau membuat ijasah terjemahan tapi ibunya bilang nanti saja kalo sudah di wisuda tanggal 20 September 2011, apa boleh buat saya harus menunggu lagi. Dan hari ini, Jum'at 30 September 2011 akhirnya ijasah terjemahan saya jadi juga, ALHAMDULILLAH :). Ternyata biaya penerjemahannya sangat terjangkau, 20 ribu untuk penerjemahan bersama 1o lembar legalisir... Dulu saya pernah baca kalo biaya penerjemahan bisa sampai 500 dan salah satu dosen saya pun mengiyakan hal tersebut, tapi alhamdulillah ternyata tidak semahal itu... :)


Ijasah terjemahan ini semakin mendekatkan saya untuk mengirimkan aplikasi pendaftaran beasiswa CCIP 2012, inilah sebuah langkah kecil demi masa depan yang lebih baik dan bermanfaat... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar